Hijrah Story (Arayya Jahit Butik Online)

Setahun perjalanan Arayya.id

Seminggu sebelum puasa di tahun 2015 kami sekeluarga hijrah dari kota Karawang ke Tasikmalaya.Dulu kami tinggal di Karawang dengan keadaan yg mencukupi rumah mewah dua lantai juga kos kosan 13 kamar. 

rumah sebelum di jual 
lantai atas kos kosan


Saya bekerja di Proyek dan istri saya menjabat sebagai Manager di perusahaan MLM, situasi kami yg sebagai pekerja yg mapan membuat kami tergiur oleh penawaran pinjaman dari Bank dari tahun ke tahun bukannya lunas hutang kami malah semakin bertambah, sampai kami tak sanggup lagi untuk membayarnya.. bank yg saya anggap baik karna menolong saya dan keluarga ternyata sangat jahat, ya jahat karna di dalamnya ada RIBA yg menggerogoti saya dan keluarga. Qodarullah.. takdir Allah mengharuskan saya menjual Rumah dan kos kosan saya. 


Dari situ Mulailah kami HIJRAH. sisa uang dari bayar hutang ke Bank dan ke perorangan kami belikan mesin jahit 4 buah dan mesin obras satu buah.  Sisanya ...?   Kami bingung .. kalau beli rumah uang nya tidak mencukupi akhirnya saya dan istri sepakat untuk sewa rumah dan beli mobil bekas untuk usaha kami.


Kami sewa rumah yg kebetulan bekas konveksi di desa Cibeureum salah satu desa di Tasikmalaya.

Mesin sudah kami susun di salah satu ruangan di rumah sewaan kami, tapi ternyata Allah masih memberikan cobaan dengan sulitnya mendapatkan penjahit yg berpengalaman. Sampai seminggu kemudian ada satu orang yg mau bekerja untuk kami dan dengan semangat kami beli kain dan pesan label baju dgn merk ARAYYA.


Alhasil Allah masih memberikan cobaan dengan gagal nya pemotongan kain yg sampai sekarang kain tersebut masih ada karna tidak bisa di jahit.
Ya Allah masihkah ada dosa yg tersisa dari kami...?  uang tabungan  sudah menipis Sampai akhirnya kami di pertemukan dengan penjahit yg berpengalaman dengan syarat pekerjaan di bawa ke rumah para penjahit dan kami pun meminjamkan mesin jahit untuk para pekerja, karna sudah tidak ada modal saya minta untuk di beri kesempatan kepada saudara saya yg sudah mempunyai merk ternama di dunia online dan akhirnya di setujui,

karna waktu sudah masuk di bulan ramadhan kami hanya bikin pakaian untuk hadiah distributor sebanyak 16 pcs. Ucap syukur kami sembahkan untukMu ya rabb.

sempat booming karna pernah dipakai oleh ummi pipik

Sampai akhirnya model kami terpakai dan di bulan syawal kami dipercaya untuk produksi lebih banyak lagi untuk di jual ke umum.


Ternyata Allah memberikan cobaan lagi untuk kami dengan jalan yg lain.. Allah memberikan cobaan dengan banyaknya pekerjaan yg harus kami kerjakan, sampai akhirnya tukang potong kain yg belum biasa memakai mesin potong yg besar memberanikan diri untuk memakainya agar kerjaan cepat selesai namun apa hasilnya ? Jaitan kami dari dua vendor gagal semua nya... 


Ya Allah... selama dua bulan lebih kami memperbaiki kesalahan kami. Kami harus membayar double kepada penjahit untuk revisi dan selama dua bulan lebih kami tidak mendapatkan pemasukan. 

9 bulan kemudian kami bertahan dengan satu vendor karna vendor yg satu nya mundur karna revisi tadi dan Alhamdulilah hasilnya cukup untuk makan kami tapi tidak untuk bayar sewa rumah di tahun kedua. 


3 bulan sebelum selesai masa sewa rumah kami sudah di tagih untuk sewa tahun berikutnya. Kami kembali bingung yg akhirnya kami pindah rumah dengan menyewa rumah panggung berdinding bilik dan lantai papan di daerah para penjahit kami yg berada di gunung dengan harga sewa 100 rb / bulan.
dengan menahan kesedihan yang begitu mendalam karna anak kami tidak mau tinggal di rumah tersebut dan memilih tinggal di rumah kakek nenek nya...

 


Ya Allah kami terima dengan ikhlas jika kesederhanaan ini bisa membuat kami lebih dekat kepada Mu. Tiga bulan berlalu kami menempati rumah bilik itu namun Allah masih memberikan ujian kepada kami dengan pengkhianatan dari orang yang saya percaya, yang selama satu tahun kami bersama memupuk usaha ini namun akhirnya dia mengerjakan pekerjaan orang lain dan membiarkan pekerjaan saya menumpuk tidak di kerjakan, 
mesin jahit yang saya pinjamkan dia jual.. ya Allah sungguh besar dosa Riba ini sampai ujian nya terus menerus walau sudah satu tahun kami hijrah.. kami terima itu semua ya Robb... semoga engkau menghapus semua dosa dosa kami..




TAHUN KE DUA KEMBALI DARI NOL

Akhirnya kami jual aset kami satu satu nya yaitu kendaraan kami untuk mengganti kerugian akibat revisi dan kembali pindah mencari rumah sewaan baru.

Setelah dapat rumah sewaan baru kami kembali kelola usaha makloon  kami berdua dengan suami, kami sudah tidak percaya lagi dengan orang lain namun kami juga tidak menyalahkan mereka yang sudah mengkhianati kami. Kami anggap semua sudah takdir Allah.. 
kami anggap semua itu pembelajaran untuk kami.
kami beranikan diri untuk membuka peluang bagi vendor yg lain dan Alhamdulilah satu persatu vendor berdatangan minta untuk dijahitkan dengan merk mereka. Samarinda Solo Jakarta Karawang dan lainnya sekarang menjadi vendor setia kami.

Dengan belajar dari pengalaman kami tetap mempertahankan Qualitas kami, alhamdulilah di awal tahun kedua mesin kami hanya 2 mesin jahit dan 1 mesin obras






 sekarang di awal tahun ketiga sudah menjadi 20 mesin jahit dan 3 mesin obras.. semoga Allah menjadikan kami senantiasa istiqomah di jalan Nya... Amiiiin




















alhamdulilah di tahun ke empat 2019 kami sudah nambah 5 mesin lagi jad total penjahit 25 finishing 8 potong pola 2 orang.


VIDEO PERJALANAN SINGKAT KAMI



untuk para pembaca mohon doa nya agar kami bisa membeli rumah secara cash tanpa riba aamiiiin.....

Alhamdulillah ya Allah sekarang akhir Tahun 2020 meskipun di tahun ini pandemi covid 19 membuat perekonomian Negara ini menurun Arayya Indonesia tetap bertahan dengan menjual sebagian aset dan pengurangan pegawai.
Berawal di bulan maret 2020 Customer mulai sepi walaupun masih ada yg bertahan dengan sedikit produksi dan sampai saat ini bulan November 2020 alhamdulillah perekonomian mulai menggeliat customer yang lama mulai kembali say hello di WhatsApp dan mulai membicarakan model yg akan di produksinya.
Dan kami bersyukur di tahun 2020 ini kami sudah memiliki tanah sendiri Qodarullah Allah memudahkan kami untuk memiliki tanah ini dengan pembayaran tempo 2x bayar tanpa bunga.
Terimakasih atas doa kalian.. 🙏🙏

Smoga Arayya Indonesia terus berkembang dan mandiri. Dan menjadi tempat produksi kepercayaan label label ternama. 

Alhamdulillah di awal tahun 2021 kami mulai bangun untuk tempat jahit..
Terimakasih berkat bantuan kalian customer tercinta 🥰


DI TUNGGU YA KISAH SELANJUTNYA.. 😀😀


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Jahit Butik dan Konveksi

Lowongan Kerja Penjahit Tasikmalaya.